Mengenal Insomnia Bersama SehatQ.com : Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

  • Whatsapp

Susah tidur dialami oleh hampir semua orang. Istilah ini merujuk pada kondisi ketika seseorang kesulitan untuk tidur di malam hari. Meskipun tidak termasuk dalam daftar direktori penyakit berbahaya, masalah gangguan tidur ini perlu diatasi karena akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Read More

Tulisan ini akan mengajak Anda untuk mengenal lebih dalam tentang gangguan tidur yang satu ini, mulai dari gejala yang muncul, penyebab, dan juga cara mengatasinya.

Pengertian Insomnia

Insomnia merupakan suatu gangguan ketika penderitanya kesulitan tidur atau kesulitan mempertahankan durasi tidurnya. Akibatnya, penderita gangguan tidur ini akan tetap merasa kelelahan ketika bangun dari tidur karena tidurnya tidak berkualitas.

Gejala yang Muncul

Lalu, adakah cara untuk mengenali gangguan tidur ini? Anda bisa mengenalinya melalui gejala yang muncul. Gejala yang paling utama dari masalah tidur ini adalah kesulitan tidur dan adanya perubahan jam serta durasi tidur. Dengan kata lain, jam tidur Anda berantakan.

Selain itu, masih ada gejala lainnya yang muncul, yaitu :

  1. Terbangun di malam hari dan kesulitan tidur kembali
  2. Bangun dengan kondisi masih tetap lelah
  3. Merasa kelelahan dan sering mengantuk di siang hari
  4. Mudah marah
  5. Kesulitan berkonsentrasi
  6. Sulit fokus saat bekerja

Itulah 6 gejala gangguan susah tidur. Apakah Anda mengalami beberapa gejala tersebut? Jika Anda sudah mengalaminya dalam beberapa hari terakhir, sebaiknya Anda segera mencari cara untuk mengatasi masalah ini. Jangan dibiarkan berlarut-larut.

Penyebab Gangguan Tidur

Untuk mengatasi masalah susah tidur yang Anda alami, Anda perlu tahu terlebih dahulu penyebab insomnia yang Anda alami. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan tidur, yaitu :

  1. Kondisi cemas, stress, atau depresi
  2. Faktor lingkungan, seperti kondisi sekitar yang bising dan ramai, kondisi ruangan yang tidak nyaman karena terlalu panas atau terlalu dingin, atau bisa juga tempat tidur yang kurang nyaman
  3. Setelah menempuh perjalanan jauh dengan perbedaan waktu sehingga mengalami jet lag
  4. Penggunaan narkoba dan obat-obat terlarang lainnya
  5. Konsumsi alkohol, kafein, atau nikotin yang berlebih
  6. Perubahan jam kerja menjadi shift malam
  7. Sedang menjalani pengobatan tertentu

Cara Mengatasinya

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Gangguan tidur memang tidak termasuk dalam daftar direktori penyakit berbahaya. Namun juga hal ini terjadi dalam waktu yang lama dan terus menerus, semakin tinggi risiko terkena penyakit mematikan seperti stroke dan jantung. Anda tentu tidak mau mengalaminya, bukan?

Terkait dengan cara mengatasi insomnia, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter ahlinya. Dokter akan mengobservasi kebiasaan tidur Anda dan memberikan saran untuk membantu Anda sembuh. Kadang kala Anda juga disarankan untuk melakukan terapi. Pada kasus yang lebih serius dan kronis, dokter akan meresepkan obat-obatan, seperti obat tidur, untuk membantu Anda bisa tidur di malam hari.

Cegah Insomnia bersama SehatQ

Sebelum gangguan tidur Anda berlanjut dan berubah menjadi gangguan yang lebih kronis, lebih baik jika Anda mencegahnya. Salah satu caranya dengan mengunduh aplikasi SehatQ. Untuk Anda yang belum tahu, SehatQ merupakan salah satu layanan kesehatan digital terbaik yang bisa Anda gunakan setiap hari.

Aplikasi SehatQ menawarkan berbagai fitur dan layanan kesehatan yang bisa diakses secara mudah, kapan pun dan dimanapun. Beberapa layanan yang tersedia yaitu konsultasi dengan dokter secara online, membuat janji temu, membeli obat-obatan secara online, hingga membaca informasi terbaru di dunia kesehatan. Lengkap sekali, bukan?

Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk konsultasi masalah tidur yang Anda alami dengan dokter ahlinya. Cukup unduh dan pasang aplikasi SehatQ di ponsel pintar Anda dan dapatkan layanan kesehatan terbaik ada dalam genggaman Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *