Jangan Bingung, Ini 4 Penyebab Oli Mesin Mobil Tidak Naik ke Klep

Sebagai pemilik mobil, Anda harus cermat dalam mengamati kondisi mobil. Jika sekiranya bunyi mesin tak halus seperti biasa, malah cenderung kasar, bisa jadi ada masalah pada mesinnya. Salah satu hal yang dapat menyebabkan kondisi ini adalah tak naiknya oli ke bagian klep. Lalu, apa penyebab oli mesin mobil tidak naik ke klep? Simak ulasannya berikut ini.

1. Habisnya Oli Mesin dan Lupa Diganti Baru

Lakukanlah penggantian oli mesin mobil secara berkala, jika Anda tak ingin oli mesin gagal naik ke klep dan terjadi kerusakan pada mesin. Saat oli mesin habis, maka tak ada pelumas yang tersedia untuk disalurkan ke sistem pelumasan. Selain karena oli yang tak diganti sehingga jadi mengering, habisnya oli mesin juga bisa disebabkan karena adanya kebocoran pada bak penampungannya.

2. Tersumbatnya Oil Strainer

Komponen oil strainer yang tersumbat juga kerap jadi pemicu tak naiknya oli mesin ke bagian klep. Seperti yang Anda ketahui, oil strainer merupakan saringan oli pada bak penampungan, yang berfungsi menyaring kotoran jika sekiranya terdapat dalam oli. Jika saringan ini tersumbat, maka oli tak akan bisa dihisap dengan baik untuk bisa disalurkan ke sistem pelumasan.

3. Pompa Oli Mesin Mengalami Kerusakan

Oli yang sangat jarang diganti dan membuatnya jadi mengering, berpotensi menyebabkan rusaknya pompa oli mesin. Jika pompa oli ini mengalami kerusakan, maka salah satu dampaknya adalah tak naiknya oli ke bagian klep mobil. Maka dari itu, lakukanlah penggantian oli secara berkala, agar terhindar dari kerusakan pada pompa oli.

4. Tersumbatnya Oil Cooler

Oil cooler merupakan komponen yang berguna untuk mendinginkan suhu oli, sebelum oli tersebut dialirkan ke seluruh sistem pelumasan mobil. Jika oil cooler ini tersumbat, maka oli mesin mobil tak akan bisa naik ke bagian klep. Penyumbatan oil cooler ini sendiri bisa disebabkan oleh bertumpuknya kotoran yang terbawa bersamaan dengan oli mesin di bagian tersebut.

Jika mesin mobil Anda terdengar kasar saat dinyalakan, bisa jadi hal itu disebabkan karena tak naiknya oli mesin secara optimal ke bagian klep. Jika dibiarkan saja, kondisi ini bisa mengakibatkan turunnya mesin mobil. Hindari penyebab oli mesin mobil tidak naik ke klep, agar performa mobil Anda bisa selalu prima.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy